Senin, 16 Desember 2013

pentingnya menjaga lingkungan hidup


         PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP


       Apa kalian tahu apa itu lingkungan hidup? Menurut salah satu sumber yang saya, cari lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup dengan sifatnya masing-masing terutama manusia yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupannya sendiri dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
       Jadi definisinya adalah makhluk hidup selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup. Khususnya manusia yang merupakan makhluk yang utama diantara makhluk yang lain. Maka dari itu manusia harus bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara lingkungannya.
   Saat ini sudah jarang kita melihat lingkungan sekitar kita bersih dan indah. Lingkungan hidup kita menjadi tercemar,
Berikut adalah Faktor Perlindungan Lingkungan Hidup Manusia ;

> Limbah yang Menyebabkan Pencemaran Tanah
        Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Macam-macam limbah : limbah domestik, limbah industri, dan limbah pertanian.
  • Limbah Domestik
    Limbah domestik dapat berasal dari daerah pemukiman penduduk. perdagang-an, pasar, tempat usaha hotel dan lain-lain. “Limbah padat berupa sampah anorganik. Jenis sampah ini tidak bisa misalnyalastik, kaleng minuman, botol plastik air mineral dan lain-lain.” “Limbah cair berupa sisa diterjen dari rumah, tinja,Oli, dan lain-lain yang meresap ke dalam tanah yang dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah.”
  • Limbah Industri
    Limbah Industri berasal dari lingkungan industri yang membuang limbah secara langsung ke tanah tanpa proses penetralan zat-zat kimia terlebih dahulu. “Limbah Industri bisa berupa limbah padat yang bisa berupa Lumpur yang berasal dari sisa pengolahan misalkan sisa pengolahan kertas, gula, rayon, plywood dan lain-lain” “Limbah cairan yang berupa hasil pengolahan dari proses produksi industri seperti sisa hasil pengolahan industri pelapisan logam, tembag, perak, khrom, boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam”
  • Limbah Pertanian
    Limbah pertanian berasal dari pemberian pupuk petani untuk tanamanya atau racun untuk pembunuh hama. misalnya pupuk urea, Pestisida.

> Sampah dan Upaya Penanggulannya
       Para pebisnis saat ini bersaing untuk memasarkan produknya dengan mengemas kemasan produk yang menarik konsumen. Banyaknya produk yang dipasarkan banyak pula peningkatan jenis sampah kemasan produk tersebut. Para pengusaha tidak memikirkan sistem pengelolaan persampahannya. Padahal permasalahan sampah sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari.
Karena sampah berkaitan dengan kesehatan. Sebab dari sampah-sampah itulah hidup berbagai macam bakteri dan kuman penyebab penyakit, tak hanya itu serangga-serangga kecil sebagai penyebar peyakit.
       Menurut sumber yang saya cari pengelolaan sampah didefinisikan sebagai kontrol terhadap timbulan sampah, pewadahan, pengumpulan, pemindahan, dan pengangkutan, proses pembuangan akhir sampah, di mana semua hal tersebut dikaitkan dengan prinsip – prinsip terbaik untuk kesehatan, ekonomi, keteknikan/engineering, konservasi, estetika, lingkungan, juga terhadap sikap atau budaya local masyarakat itu sendiri.

> Memanfaatkan Sampah
       Sering kali kita melihat sampah berada dimana-mana, ditiap sudut kota mana pun terdapat sampah yang menggunung. Itu disebabkan oleh terbatasnya lahan atau tempat pembuangan sampah. Dilain sisi banyak orang orang yang sangat santai membuang sampah sembarangan ke selokan dan ke sungai yang akhirnya menjadi penyabab terjadinya banjir karna selokan dan sungai yang mampet dan meluap.
Sampah dibagi menjadi dua bagian yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat didaur ulang, contohnya sisa makanan, sayuran, kulit buah, sampah daun dll. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat didaur ulang, contonya sampah plastik, botol bekas, sampah kertas, kaleng dll.
        Cara yang tepat sebelum memanfaatkan sampah yaitu memilah antara sampah organik dan anorganik. Menurut sumber yang saya ketahui, selanjutnya Upaya pengolahan sampah organik akan menghasilkan pupuk sebagai penyubur tanah dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, serangga dan cacing. Bila kita mempunyai lahan/pekarangan yang cukup luas sampah organik dapat dikubur di lahan kosong/pekarangan rumah. Tetapi bila lahan kita terbatas, masukkan sampah sisa rumah tangga berupa sisa sayuran atau daun-daun ke dalam kotak. Kotak ini dapat kita buat demgam ukuran 60x60x20 cm3.
        Kemudian isi kotak dengan daun, sisa sayuran lalu masukkan beberapa ekor cacing tanah/merah lalu masukkan pula dua genggam tanah. Lakukan hal tersebut setiap hari, sehingga lama kelamaan sampah tersebut berubah menjadi kompos yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman kita.Pemanfaatan sampah organik yang lain adalah sampah organik dicampur dengan air kemudian dimasukkan ke dalam tempat yang kedap udara dan dibiarkan selama lebih kurang dua minggu sehingga menghasilkan biogas. Biogas ini dapat dimanfaatkan untuk memasak yang tingkat polusinya relatif kecil.
        Pengolahan sampah anorganik berupa kaleng bekas dapat dimanfaatkan lagi misalnya untuk pot tanaman, atau diberikan kepada pengumpul barang bekas untuk diolah lagi di pabrik/industri daur ulang begitu pula botol bekas minuman. Untuk sampah kertas/koran dapat diproses menjadi kertas daur ulang. Hancurkan kertas bersama air dengan alat blender kemudian disaring lalu letakkan pada tempat cetakan untuk selanjutnya dikeringkan. Produk kertas ini dapat digunakan untuk berbagai kerajinan tangan (handycraft).
    Lestarikan dan manfaatkan lingkungan sekitar kalian sebaik-baiknya ya guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar